Peduli Kesehatan, GenBI Komisariat Universitas Hasanuddin Melalukan Sosialisasi Skrining Hipertensi

Reporter: A. Aditya Prayoga

Makassar - Deputi Kesehatan GenBI Unhas menyelenggarakan GenBI Eksis (Edukasi dan Skrining Hipertensi) pada Minggu 1 Oktober 2022 di Kampung Kera-Kera, Unhas dengan Tema “Wujudkan Gaya Hidup Sehat dan Bahagia melalui GenBI Eksis (Edukasi dan Skrining Hipertensi).” Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja yang ditujukan sebagai bentuk kepedulian GenBI dalam meningkatkan dan menjaga kesehatan masyarakat.

Berangkat dari kondisi tersebut, GenBI Unhas melakukan pengecekan tekanan darah, pengecekkan gula darah, dan tentunya memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat cara menjaga pola hidup sehat. 

“Lebih baik mencegah dari pada mengobati. Caranya, dengan rutin menjaga pola hidup sehat. Hipertensi  akan memicu  berbagai penyakit lain seperti otak, jantung dan ginjal,  hingga stroke dan komplikasi," ungkap Andi Muhammad Farid Mujahidin selaku Staff Deputi Kesehatan.

Menerapkan disiplin gaya hidup lebih sehat seperti rutin berolahraga dari rumah, mengatur pola makan seperti intermittent fasting, flexitarian, di samping lebih rajin mengonsumsi suplemen dan multivitamin untuk menjaga kondisi tubuh tetap stabil adalah kunci untuk tetap bugar dan terhindar dari penyakit termasuk hipertensi. Tujuan dari diadakannya sosialisasi skrining hipertensi tak lain dan tak bukan adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang hipertensi.

“Tujuan kegiatan ini untuk mengedukasi masyarakat yang mengalami hipertensi dengan metode pengecekan gula darah gratis," ujarnya Ade Putrawan selaku Ketua Panitia. 

Dengan adanya GenBI Eksis, diharapkan dapat menjadi langkah dalam mewujudkan sikap peduli terhadap kesehatan diri sendiri.