Edukasi Lanjutan Tentang Siapik dan Qris, GenBI Komisariat Universitas Hasanuddin Gelar UMKM Visit

Reporter: Firda Rezki Wardhani DM

Sebagai lanjutan dari program kerja Bina Usaha Mikro (BUMI), Deputi Kewirausahaan GenBI Komisariat Universitas Hasanuddin melakukan UMKM visit yang dimana mereka mengujungi 15 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk melakukan wawancara lebih lanjut terkait materi SIAPIK dan QRIS yang telah disampaikan saat Bina Usaha Mikro pada 6 Oktober 2023 lalu. Hasil dari wawancara tersebut akan di upload di reels instagram GenBI Komisariat Universitas Hasanuddin untuk membantu mempromosikan UMKM yang masih dalam tahap merintis dengan memberikan informasi serta edukasi mengenai fitur maupun aplikasi yang dapat membantu tumbuh kembangnya usaha, seperti SIAPIK dan QRIS. UMKM visit ini telah dilakukan sebanyak enam kali.

1.jpg 1.64 MB
Pada hari pertama tepatnya Sabtu, 28 Oktober 2023. GenBI Komisariat Universitas Hasanuddin mengunjungi UMKM Passione dan Shoesi Sepatu. Pada hari kedua, Minggu, 29 Oktober 2023 mereka mengunjungi car free day dan mewawancarai sejumlah UMKM diantaranya ada UMKM Mochi.puff, Ur Sunday Habits, dan Teye Food. Mereka juga mengunjungi UMKM Kedai HR, Lego Kitchen, Berkahlore dan Genhara Food.

Pada hari ketiga, Sabtu 04 November 2023 menjadi giliran Etaniacraft dan Ayam Bakar D’ZIL untuk diwawancarai. "Awal menggunakan QRIS karena permintaan dari customer kami untuk menyediakan sistem pembayaran non tunai (QRIS)," tutur Dewi Permata Sari selaku pemilik usaha Ayam Bakar D’ZIL.

2.jpg 1.31 MB
Pada hari keempat, tepatnya Minggu 05 November 2023 UMKM yang menjadi target wawancara adalah Kedai IBURGER dan CrifProject. Dalam wawancaranya, GenBI Komisariat Universitas Hasanuddin menanyakan terkait penggunaan Qris oleh UMKM CrifProject. "Saya sudah melakukan pendaftaran QRIS tetapi masih dalam proses karena menyediakan sistem pembayaran non tunai terkhususnya QRIS itu lebih mempermudah karena selama ini CrifProject hanya menggunakan sistem tunai dan transfer, dimana sistem transfer biasa terkena biaya admin dan itu akan memberatkan customer," tutur Widia Sari sebagai salah satu owner dari CrifProject.
3.jpg 1.57 MB
Pada hari kelima, Sabtu 18 November 2023. GenBI komisariat Universitas Hasanuddin melakukan UMKM visit di Naval Modesty Tailor dan pada Minggu 19 November 2023 mengunjungi Kongsifood.  "Saya pakai Siapik, karena kemarin pakai buku kas tapi tidak lengkap dan ada yang sarankan pakai Siapik karena katanya lebih detail pakai itu," ucap Ria selaku owner dari Kongsifood.

"Semoga dengan UMKM visit ini, para panitia dari proker BUMI dapat membantu para pelaku umkm untuk mengembangkan usahanya serta untuk lebih mengedukasi dan mempromosikan pengaplikasian Metode pembayaran QRIS dan penggunaan SIAPIK dalam pencatatan keuangan para UMKM," ucap Ningrum Surya Ningsi Pratiwi selaku ketua panitia.