Lakukan Kunjungan Ke IPAL LOSARI, GenBI Unhas Diajak Mengkaji Potensi Manajemen Air sebagai Langkah Taktis dalam Upaya Implementasi Daur

Reporter: Revanya Zaskia. M

Makassar, GenBI Unhas– Deputi Lingkungan Hidup Komisariat Universitas Hasanuddin (UNHAS) Sukses menggelar GenBI Visit bekerjasama dengan IPAL LOSARI (29/8/2024)

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Pengolahan Air Limbah IPAL Losari beserta staffnya, Ketua GenBI SulSel, Ketua Komisariat GenBI serta Pengurus GenBI Komisariat UNHAS periode 2024.

Ibu Ir. Rini Afriani A,ST, Selaku Kepala Bagian Pengolahan Air Limbah dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada GenBI UNHAS atas kunjungannya ke IPAL Losari, beliau juga menjelaskan garis besar mengenai IPAL Losari ini. serta memberikan edukasi mengenai air limbah dan isu- isu kesehatan yang berkaitan dengan lingkungan hidup. 

Dilanjutkan dengan kegiatan pemutaran video profil IPAL Losari Makassar, pemaparan materi mengenai Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), serta penukaran cinderamata oleh GenBI Unhas dengan IPAL Losari Makassar

IPAL Losari merupakan IPAL terbesar kedua di Indonesia yang memiliki sistem tercanggih. IPAL Losari ini menjadi pusat pengolahan limbah domestik terpusat melalui perpipaan. Sampai saat ini, IPAL Losari telah melayani 5 kecamatan yang ada di kota Makassar yakni Kecamatan Mariso, Mamajang, Tamalate, Mamajang dan Ujung Pandang.

Pada kegiatan GenBI Visit, peserta dibagi menjadi 2 tim, 1 tim turun ke lapangan untuk melihat proses pengolahan limbah air secara langsung dengan mesin-mesin yang canggih didampingi oleh staff yang menemani dan memberikan penjelasan satu persatu mengenai alat dan proses pengolahan limbah tersebut, serta tim lainnya melihat proses pengolahan air limbah di laboratorium dan mendengar penjelasan dari analis di laboratorium. 

Kegiatan ini ditutup dengan foto bersama oleh seluruh peserta GenBI Visit dan Staff IPAL Losari Makassar. 

Harapannya setelah kunjungan ini kita dapat memberikan edukasi kepada orang terdekat kita mengenai pentingnya kesadaran menjaga lingkungan sekitar kita khususnya mengenai pengolahan air limbah yang baik agar tidak mencemari lingkungan dan tentunya menimbulkan penyakit.